Tidak percaya diri, malu atau sungkan untuk kencan mungkin dirasakan oleh banyak wanita. Apalagi, jika mereka telah menyandang status single cukup lama, sehingga mereka lupa bagaimana seharusnya menghadapi pria yang disukai.

Berkencan memang bukanlah hal gampang untuk dilakukan, dibutuhkan sedikit trik agar pertemuan dengan pria berjalan mulus. Jangan buru-buru menolak kencan si dia karena Anda merasa tidak percaya diri. Sebaiknya sebelum berkencan bangun kepercayaan diri Anda terlebih dahulu.

1. Menonton Film atau Baca Buku
Untuk menginspirasi Anda tontonlah film atau baca buku tentang kencan. Dari situ Anda bisa belajar bagaimana bisa menikmati waktu bersama pria. Selain itu, cara ini dapat meningkatkan sisi romantis Anda.

2. Curhat dengan Teman
Sebelum berkencan, ngobrol lah dengan teman dekat Anda bahwa Anda akan kencan dengan seorang pria. Sebagai seorang teman, pasti mereka akan memberikan masukan-masukan positif dan akan memberikan Anda sedikit tips agar kencan berjalan baik.

3. Tulis Daftar Obrolan
Jika Anda takut jika kencan nantinya berjalan buruk karena suasana jadi tegang, maka sebelumnya tulislah daftar obrolan yang akan Anda obrolkan dengannya. Cari tahu tentang dirinya dan hal yang dia suka. Misalkan tentang otomotif. Mungkin Anda tidak memahaminya, sehingga Anda makin tidak percaya diri. Jangan takut, Anda tidak perlu mengalihkan obrolan. Mintalah dia menjelaskan tentang hobinya itu, si dia pun akan senang jika Anda terlihat antusias.

4. Pilihlah Tempat yang Familiar
Carilah tempat kencan yang memang sudah Anda tahu sebelumnya, bahkan Anda sudah kenal dengan salah satu pelayannya. Hal ini akan memudarkan perasaan canggung Anda saat bertemu dengan si dia.

5. Persiapkan Busana
Hal penting lainnya yang membuat Anda kurang percaya diri adalah bingung akan menggunakan baju apa. Gunakanlah busana yang simple dan tidak terlalu terbuka. Jika Anda tidak terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi, sebaiknya hindari, karena ketika Anda canggung, Anda lebih mudah untuk salah melangkah atau tersandung. Tentu tidak ingin hal itu terjadi kan?