Jangan terburu kesal jika pasangan Anda langsung tertidur usai bercinta, karena ini justru merupakan pertanda baik. Menurut studi terbaru dari para psikolog di University of Michigan dan Albright College di Pennsylvania, kecenderungan tidur setelah berhubungan seks ternyata berkaitan dengan keinginan seseorang untuk lebih dekat dan menyayangi pasangannya.

“Semakin sering orang tertidur setelah bercinta, semakin kuat keinginannya untuk lebih dekat dengan pasangannya,” jelas Daniel kruger, salah satu peneliti dan penulis studi tersebut, seperti dilansir Times of India.

Studi tersebut memeriksa 456 partisipan yang telah melengkapi survei online, menilai pengalaman dan keinginan terhadap pasangan setelah bercinta. Dalam survei, pastisipan harus menjawab ‘siapa yang tertidur setelah bercinta?’ dan ‘siapa yang tertidur lebih dulu saat pergi tidur bukan setelah bercinta?’

Hasilnya, partisipan yang pasangannya langsung tidur setelah berhubungan intim punya hasrat yang lebih kuat untuk memeluk dan mengobrol. Studi tersebut juga ingin melihat, siapa yang cenderung lebih dulu tertidur, pria atau wanita? Faktanya cukup berbeda dengan anggapan orang selama ini. Jika biasanya pria yang dianggap lebih dulu tidur usai bercinta, para peneliti justru tidak menemukan hal tersebut dalam hasil studi.

“Pria justru terjaga lebih lama dari wanita usai becinta. Mungkin tindakan ini sebagai bentuk pengawalan, memastikan agar wanitanya tidak meninggalkannya demi pasangan lain,” tutur Diane. Ia juga menambahkan penyebab pria tak segera tidur sebagai usaha untuk mengajak partnernya kembali bercinta untuk ‘ronde kedua’.

Meskipun hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Social, Evolutionary, and Cultural Psychology tersebut seakan memberi Anda ‘persetujuan’ untuk langsung tidur usai bercinta, tetap ada etika yang harus dilakukan agar tidak menyinggung hati pasangan. Bagaimanapun juga, banyak orang yang masih menganggap bahwa tidur setelah bercinta merupakan ekspresi ketidakpuasan terhadap pasangan. Meskipun faktanya tidak selalu begitu.

Untuk itu, lakukan lima hal ini terlebih dahulu usai Anda dan pasangan berbagi kemesraan di tempat tidur:

– Setelah mencapai klimaks, jangan langsung melakukan aktivitas lain atau turun dari tempat tidur. Tetaplah dekat dengan pasangan Anda.
– Katakan dengan lembut bahwa Anda sangat menikmati sesi bercinta sebelumnya, dan bagaimana keintiman tadi telah membuat Anda senang.
– Mungkin ada keinginan untuk membersihkan diri di kamar mandi usai bercinta. Tapi tunggulah beberapa saat (5-10 menit) sebelum melakukannya.
– Nikmati keintiman pasca bercinta dengan memeluknya dan berikan ekspresi kasih sayang (mengecup dahi atau mengelus rambut).
– Jangan cepat-cepat mengecek panggilan telepon, SMS atau BBM di ponsel Anda.