Tahun 2012 sudah ada di depan mata, namun status single masih setia melekat pada diri Anda? Alasan mengapa Anda belum juga mendapatkan kekasih bisa jadi karena kehidupan kantor Anda yang terlalu sibuk sampai tidak sempat mencari pasangan. Padahal teman-teman Anda sudah mulai berkencan dengan pasangan barunya bahkan sudah ada yang menikah. Hal ini cukup membuat Anda panik.

Sebagian orang mungkin ada yang memasukkan list ‘mendapatkan pasangan baru’ dalam resolusi tahun 2012 mereka. Jika Anda juga melakukan hal serupa, bacalah artikel berikut untuk membantu mewujudkan resolusi tersebut. Semoga berhasil!

1. Bersosialisasi dengan Teman Kantor
Selama masa sekolah, mungkin Anda merasa mencari pacar adalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan karena di sekitar Anda banyak sekali pria-pria yang bisa Anda jadikan kandidat. Namun memasuki dunia kerja, ternyata lingkungan tersebut berubah. Banyak orang yang terjebak dalam situasi seperti ini, terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai tidak sempat menemukan pasangan.

Jika Anda merasa berada dalam posisi tersebut, cobalah untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tinggalkan sejenak tumpukan pekerjaan Anda, dan berinteraksilah dengan teman-teman kantor. Pekerjaan di kantor memang tiada habisnya, namun ini bukan sebuah halangan untuk mendapatkan pasangan. Buatlah target harian dalam mengerjakan tugas kantor, jika target tersebut selesai, tundalah pekerjaan yang tersisa untuk hari berikutnya.

Manfaatkan waktu makan siang untuk makan di luar kantor bersama teman-teman Anda baik di kantin, food court maupun mall. Di sini Anda bisa bertemu dengan lebih banyak orang.
Luangkan juga waktu Anda pada Jumat malam. Banyak pekerja yang memanfaatkan waktu ini untuk pergi bersama teman-teman kantornya untuk sekedar makan, nonton, ngopi, maupun pergi ke bar. Kesempatan Anda untuk bertemu orang-orang baru juga lebih besar.
Bersosialisasi dengan teman-teman kantor memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Selain membuat Anda merasa lebih bahagia dengan kehidupan kantor, bersosialisasi dengan mereka juga bisa membuka jalan untuk menemukan pujaan hati. Siapa tahu, bukan orang baru yang menjadi pasangan Anda berikutnya, tapi justru teman kantor Anda sendiri.

2. Membuka Diri
Untuk beberapa orang, meeting dengan klien adalah hal yang sering dilakukan. Gunakan kesempatan ini untuk mencari pasangan. Bukalah diri Anda dengan orang-orang baru tersebut, jadikanlah mereka lebih dari sekedar klien.
Jalin hubungan pertemanan dengan mereka sehingga sesekali Anda bisa keluar bersama, bukan untuk membahas pekerjaan tapi untuk bersenang-senang. Mulailah hubungan ini sebagai teman, jika Anda tidak tertarik dengan orang tersebut, siapa tahu di lain kesempatan dia mengajak teman kantornya yang lebih menawan untuk makan siang dengan Anda.

Manfaatkan setiap kesempatan untuk bertemu orang baru, tidak hanya melalui meeting dengan klien, tapi bisa juga melalui pelatihan, outing, maupun gathering. Banyak perusahaan yang sering mengirim karyawannya untuk mengikuti pelatihan di sebuah institusi tertentu, gunakan kesempatan tersebut untuk menjalin pertemanan dengan orang yang Anda temui. Semakin Anda membuka diri, semakin banyak teman Anda. Ini berarti kesempatan Anda untuk mendapatkan pasangan menjadi lebih besar.

3. Fitnes
Di kota-kota besar seperti Jakarta, fitnes sudah menjadi gaya hidup. Banyak orang yang pergi ke gym bukan hanya untuk berolahraga, tetapi juga untuk bergaul. Banyak pusat-pusat kebugaran yang memiliki member eksekutif muda, terutama jika tempat tersebut berada di dekat gedung perkantoran. Pusat kebugaran yang besar, rata-rata memiliki ratusan member, Anda akan sering bertemu dengan pria-pria seksi di tempat ini.

Selama latihan, gunakanlah alat yang berada di dekat beberapa pria-pria lucu ini. Anda bisa berpura-pura meminta bantuan mereka untuk menggunakan alat tersebut sebagai bahan memulai obrolan. Anda juga bisa berinteraksi dengan mereka di kelas maupun di kolam renang. Banyak orang yang menemukan pasangan mereka di gym, sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini. Selain menyehatkan badan, berolahraga juga bisa menjauhkan Anda dari stres. Mendapatkan teman kencan, itu bonus.

4. Kuliah Lagi
Setelah 2-3 tahun bekerja, rata-rata karyawan ingin menambah pengetahuan dan keahlian mereka dengan mengikuti pendidikan master di berbagai universitas. Jika Anda juga mempunyai niat seperti ini, ada baiknya Anda segera mendaftarkan diri untuk kuliah lagi. Mahasiswa-mahasiswa S2, terutama yang mengambil kelas malam, kebanyakan adalah eksekutif muda yang statusnya masih lajang. Anda juga bisa memanfaatkan untuk mencari pasangan di tempat baru ini.

Walaupun jumlah mahasiswa dalam satu kelas tidak terlalu banyak, tapi pada awal-awal perkuliahan sering diadakan kuliah umum. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk berkenalan dengan orang baru sebanyak-banyaknya. Selain bisa menambah ilmu, teman-teman baru Anda juga bisa membantu Anda untuk beberapa urusan kantor, dan siapa tahu ada yang bisa menjadi tambatan hati Anda.

Kembali ke bangku kuliah pasti sangat menyenangkan. Anda bisa mendapatkan teman-teman baru dengan suasana khas anak sekolah. Jika selama ini Anda kesulitan mencari pasangan di kantor, mungkin Anda bisa mendapatkannya di lingkungan seperti ini. Kuncinya adalah membuka diri.

5. Kursus & Gabung dalam Komunitas
Biasanya yang membuat ketertarikan antara dua orang adalah kesamaan yang ada pada diri mereka. Mengikuti kursus yang sesuai dengan minat Anda, bisa menjadi jalan untuk menemukan pasangan baru, karena di sana Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi maupun minat dengan Anda. Misalnya kursus bahasa Korea.

Anda juga bisa mengikuti club tertentu sesuai dengan minat dan profesi Anda, misalnya marketeers club bagi Anda yang suka dan berprofesi sebagai marketing atau auditor club, enterpreneur club, bike-to-work club dan masih banyak lagi. Komunitas ini biasanya memiliki banyak member dengan jadwal pertemuan yang reguler, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas ang menyenangkan bersama dengan orang-orang baru yang tentu saja bisa Anda jadikan kandidat untuk menjadi pasangan Anda.

6. Online Dating
Di luar negeri, online dating merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mencari teman kencan. Di Indonesia sendiri, cara seperti ini masih belum lazim. Memanag banyak yang memandang negatif cara ini, tapi ada juga yang berhasil menemukan pasangan hidup melalui situs tersebut.

Jika Anda tidak yakin dengan online dating karena keamanannya, cobalah situs jejaring sosial seperti Twitter, LinkedInk, Facebook, maupun komunitas online yang sering mengadakan offline gathering. Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang masih berada di zona aman Anda. Anda bisa bercakap-cakap melalui situs tersebut, namun jangan terlihat agresif. Berikan jeda agar si dia yang mencari Anda.