Bagaimana pria memperlakukan rambut-rambut yang tumbuh di wajahnya, bisa menunjukkan seperti apa kepribadiannya. Namun tentu saja kita tidak bisa langsung menyimpulkan, karena sifat yang dilihat dari kebiasaan atau penampilan seseorang hanya menunjukkan kecenderungan, bukan sifat secara detail.

Berikut ini cara mengetahui karakter pria dari rambut yang tumbuh di wajahnya, seperti dikutip dari glo.msn.

1. Kumis dan Jenggot Tebal
Gaya ini menandakan status alpha-male, yaitu pria yang kuat. Pria yang membiarkan kumis dan jenggotnya tumbuh, cenderung ingin menunjukkan kejantanan dan dominasinya di depan wanita.

“Dengan rambut lebat yang memenuhi kepala dan wajahnya, singa diibaratkan sebagai raja hutan. Begitu juga dengan pria (berjenggot tebal),” ujar Jack Passion, penulis ‘The Facial Hair Handbook’.

Jack menambahkan, jika bulu di wajahnya tebal dan halus namun rapi, berarti pria tersebut ingin mengaktualisasikan diri sebagai pria yang berada di puncak kejantanannya.

Namun karakter pria berjenggot bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana ia menampilkannya. Jika jenggot dan kumis dibiarkan tumbuh lebat tak beraturan, bahkan terkesan tak terawat bisa juga menandakan ia seorang pemalu (karena menutupi wajah dengan rambut), pemalas, atau berkarakter sedikit aneh.

2. Rambut Tipis di Atas Bibir dan Tengah Dagu, Tercukur Rapi
Pria yang dewasa atau menjelang usia 40, cenderung memilih gaya kumis dan jenggot yang tipis (goatee). Menurut Jack, gaya ini menyimbolkan kematangan dari seorang pria. Jadi jika pria muda menumbuhkan kumis dan jenggot tipis dan tercukur rapi, bisa jadi ada sesuatu yang ingin dia buktikan pada seseorang.

3. Berjambang
Pria yang hanya menumbuhkan jambang, yaitu rambut yang memanjang dari dekat telinga hingga tepian garis wajah, menandakan ia sedang mencari jati diri. Pria dengan gaya ini biasanya belum mau berkomitmen dalam hubungan.

Jambang dengan sedikit rambut-rambut pendek dan tipis di area tulang rahang dan dagu juga bisa menandakan kalau ia pria yang pemberontak dan sulit diatur.

4. Kumis Tebal dan Rapi
Butuh waktu lebih untuk memelihara kumis tebal tetap terbentuk rapi. Pria dengan gaya ini, menjelaskan sifatnya yang tenang, memperhatikan penampilan dan peduli pada sekitar, termasuk kekasihnya. Jika sudah memiliki kekasih, dia sangat sayang padanya.

5. Jenggot, Kumis dan Jambang
Bayangkan personil Jonas Brother, Joe Jonas yang menumbuhkan jenggot, kumis serta jambang di usianya yang masih remaja. Pria dengan gaya ini, khususnya yang masih muda, biasanya ingin terlihat lebih dewasa, atau ingin menunjukkan kematangan emosional di usia mudanya.

6. Clean-shaved
Pria yang mencukur bersih rambut-rambut di wajahnya menyukai kerapihan dan kebersihan, dalam hal apapun. Mereka juga ingin menunjukkan karakternya dengan jelas, cenderung ingin terlihat lebih muda dan menyukai kepraktisan.