Banyak pria yang sebenarnya sudah mapan, tetapi tak kunjung ingin menikah. Mereka lebih memilih melajang dan tampak sangat menikmati kehidupannya.

Tentu hal ini mengundang rasa penasaran, terutama jika Anda saat ini sedang mengincar seorang pria yang cenderung memilih untuk melajang. Bisa jadi empat hal ini yang menurut Arnie Singer, seorang konsultan hubungan, alasan pria cenderung memilih untuk tetap melajang, seperti dilansir dari Galtime.com.

1. Kebebasan

Saat lajang, seseorang bisa melakukan apapun yang diinginkannya tanpa perlu banyak pertimbangan. Baik waktu, uang ataupun pasangan. Hal ini membuat seorang pria sangat menikmati ‘kekuasaan’ atas dirinya sendiri. Jika seorang pria belum merasa puas menikmati kebebasan, ia akan cenderung memilih untuk melajang.

2. Kesenangan

Tanpa beban komitmen atau ikatan hubungan, terkadang membuat pria merasa lebih senang dengan kehidupannya. Ini juga bisa jadi efek kebebasan, yaitu mendatangkan kesenangan.

3. Fantasi

Setiap pria juga memiliki kriteria gadis ideal yang diimpikannya. Ketika belum merasa benar-benar mendapatkan yang ideal, bisa jadi ia akan memilih untuk tetap melajang. Bukan memilih yang paling mendekati ideal, tetapi mereka terus mencari dan mencari hingga bertemu yang ‘sempurna’ di matanya.

4. Takut akan tanggung jawab
Komitmen pernikahan tentu membawa tanggung jawab yang besar. Baik pada pasangan, anak maupun finansial. Pada sebagian pria, tanggung jawab ini terlalu besar dan mereka belum siap untuk melakukannya.