Apa yang diharapkan setiap pasangan dalam hubungan mereka? Sudah pasti jawabannya adalah menjadi pasangan yang bahagia dan harmonis. Lantas apa yang harus setiap pasangan ketahui untuk mencapai hubungan seperti yang
diharapkan?

Menurut Tina B. Tessina, psychotherapis dan penulis buku “True Partners: A workbook for Building a Lasting Intimate Relationship” mengungkapkan, terdapat 3 hal yang perlu setiap pasangan ketahui untuk kelangsungan hubungan yang harmonis dan bahagia, seperti dikutip dari she knows.
1. Saling berbagi dan berdiskusi
Ketika sedang menjalin hubungan serius dengan pasangan, Anda harus memiliki waktu berdiskusi dengannya. Sebaiknya manfaatkan sesi diskusi tersebut untuk hal yang bermanfaat  seperti saling bertukar informasi mengenai apa yang sedang dikerjakan. Pada saat ia mulai berbagi dengan Anda, dengarkanlah apa yang dikatakannya, kemudian tawarkan sesuatu yang positif. Pastikan ada saling ketergantungan antar Anda dan pasangan.

2. Saling mengekspresikan kepedulian dan kasih sayang

Sayang menjadi bagian dari cinta, di dalamnya terdapat kepedulian dan kasih sayang. Jika cinta sudah tumbuh dalam hubungan Anda, akan lebih mudah untuk mengekspresikannya. Lakukanlah dengan spontanitas tapi bermakna. Perilaku spontan dengan pasangan dimana Anda merasa santai untuk melakukannya menjadi cara terbaik untuk membangun hubungan yang lebih harmonis dan bahagia.

3. Dapat mencintai diri sendiri
Anda harus bisa mencintai diri sendiri agar dapat memiliki hubungan yang bahagia dan sehat. Mencintai diri sendiri artinya adalah mencintai tubuh dan jiwa Anda. Sebagaimana seseorang mencintai tubuhnya sendiri, ia akan merawat tubuh dengan memberinya makan dan minum yang sehat. Juga menjaganya dari hal-hal yang dapat membahayakan tubuhnya. Seseorang mencintai jiwanya sendiri dengan mencari hal-hal yang memuaskan perasaan sendiri seperti menjaga sikap emosional dan keegoisan. Bila sikap seperti itu dapat Anda terapkan, maka hubungan Anda dengan pasangan mencapai klimaksnya yaitu kebahagiaan yang utuh

Iklan