Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, baik dalam hubungan dengan keluarga, teman maupun pasangan. Kesalahan tersebut kadang disadari dengan cepat, kadang setelah beberapa lama.

Jika Anda telah menyadari kesalahan yang diperbuat, tips dari thirdage berikut ini dapat membantu.

Sadari kesalahan
Ketika Anda menyadari kesalahan yang diperbuat, maka akuilah dan mintalah maaf. Gunakan kesalahan ini sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Janganlah takut akan hukuman atau penolakan, permintaan maaf akan membuat pasangan lebih mudah untuk menerima dan memaafkan.

Akui kesalahan

Ketakuan terhadap mengakui kesalahan disebabkan dari budaya menyalahkan dan menuduh yang ada di lingkungan sekitar saat tumbuh kembang. Saat melakukan kesalahan, maka fokuslah pada kesalahan tersebut daripada berusaha memperbaiki kesalahan tanpa meminta maaf.

Pola meminta maaf

Mulailah dengan mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Bicaralah secara langsung dengan pasangan Anda. Kemudian ucapkanlah permohonan maaf. Jelaskan bagaimana cara Anda memperbaikinya atau berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Terakhir, katakan bahwa Anda mengharapkan si dia mau memaafkan Anda.