Panjangnya umur seseorang bisa dipengaruhi dari banyak hal. Menurut penelitian, wanita yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi dapat membuat pasangannya lebih panjang umur.

Sebuah penelitian menarik dilakukan oleh Drs. Robert Erikson dan Jenny Torssander dari Institut Swedia. Mereka melakukan penelitian itu di Stolckhom terhadap 1,5 juta pegawai wanita dan pria. Seperti dikutip dari foxnews, mereka semua diberi pertanyaan sekitar gaya hidup yang mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Pria dengan pendidikan yang lebih tinggi terbukti memiliki kualitas hidup yang baik. Pendidikan mereka kemudian berpengaruh pada pekerjaan. Semakin tinggi level pekerjaan mereka, kualitas hidup pun semakin membaik. Dan hal itu berakibat pada kesehatan serta umur mereka.

Pada wanita, hasilnya pun hampir sama. Wanita yang memiliki pendidikan lebih tinggi juga memiliki kualitas hidup yang baik pula.

Ternyata pilihan pasangan hidup juga mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Menurut penelitian, pria yang memilih istri dengan tingkat pendidikan tinggi memiliki kualitas hidup lebih baik dan lebih panjang umur.

Wanita biasanya mempunyai hak penuh dalam mengurus rumah tangga termasuk pasangannya. Wanita yang memiliki pendidikan yang baik akan mengatur hidup lebih baik pula. Misalnya dalam mengatur pola makan suami, maka secara otomatis, pasangannya akan menjadi lebih sehat dan panjang umur.

Iklan