Memutuskan untuk berhenti merokok butuh perjuangan keras. Apalagi bagi mereka yang telah lama kecanduan.

Jika pasangan termasuk perokok berat, tentunya kebiasaannya itu seringkali membuat Anda kesal. Sebagai orang terdekat, Anda bisa membantunya sukses ‘mematikan’ kebiasaan merokok untuk selamanya.

Meskipun pada akhirnya, keputusan untuk berhenti merokok tetap ada padanya, dukungan Anda merupakan komponen penting untuk membantu dia mencapai tujuan. Salah satu hal penting untuk membantu pasangan mencapai tujuan berhenti merokok adalah dengan memberikan dukungan kepadanya terus menerus.

Berikut ini strategi sederhana yang dapat Anda terapkan di rumah, dikutip dari laman Modern Mom.

Ajak bergabung ke komunitas stop merokok

Mendengar cerita dari orang lain yang sudah lebih dulu bisa berhenti merokok, dapat membantu si dia ikut berhenti. Ajak pasangan untuk bergabung di komunitas stop merokok. Mendengar keberhasilan orang lain berhenti merokok bisa membuatnya optimis melakukan hal sama.

Menawarkan dukungan

Tanyakan padanya jenis dukungan seperti apa yang dia inginkan dari Anda. Setiap orang yang ingin berhenti merokok, biasanya membutuhkan dukungan berbeda.

Misalnya, ada yang ingin agar Anda selalu mengingatkannya agar tidak merokok, sementara orang lain mungkin menganggap itu sebagai omelan. Pasangan mungkin ingin mendengar peringatan yang simpatik, mengalihkan perhatian dia atau memberikan hadiah saat dia berhasil melewatkan rokok. Jadi, cobalah untuk menemukan jenis dukungan yang betul-betul dia butuhkan untuk membantu berhenti merokok.

Kegiatan bebas rokok

Rencanakan melakukan suatu aktivitas yang bebas dari rokok dengan pasangan, misalnya bersepeda. Kegiatan semacam ini dapat membantu dia mencapai tujuannya berhenti merokok.

Jika pasangan terbiasa pergi ke tempat kumpul bareng teman yang merokok terus-menerus, coba rencanakan untuk melakukan aktivitas berbeda. Ajak si dia ke tempat baru yang godaan untuk merokok lebih kecil.

Bantu dia ubah rutinitas

Seorang perokok harus menangani secara seimbang, secara fisik maupun mental, kecanduan terhadap tembakau. Ada saat-saat tertentu dalam sehari – seperti setelah makan atau saat minum kopi – dia selalu menyempatkan diri untuk menghisap rokok. Anda perlu membantunya mengatasi masalah ini. Sebagai contoh, Anda bisa berjalan-jalan bersama setelah makan malam agar dia tidak tertarik untuk merokok.

Beri pujian

Ucapkan selamat jika dia berhasil menghindari dan beri dia pujian. Cobalah untuk menangkap detail kecil. Rencana beberapa jenis hadiah untuk Anda berikan kepadanya karena berhenti merokok. Misalnya, dia bisa menggunakan uang yang biasanya akan dia habiskan untuk membeli rokok dan menghabiskannya pada liburan akhir pekan.