Ada berbagai cara merayu yang dilakukan pria. Peneliti dari University of Kansas, Amerika Serikat membagi rayuan-rayuan tersebut dalam lima kategori.

Pembagian lima kategori tersebut didapat dari sebuah survey terhadap 5.100 orang dewasa. Survey ini ditujukan untuk mengetahui metode komunikasi pada ketertarikan roman.

Dengan mengetahui jenis-jenis rayuan, maka Anda dapat mengetahui kira-kira hubungan seperti apa yang sebenarnya diinginkan si dia. Berikut ini lima kategori rayuan yang dibagi peneliti dari hasil surtvey tersebut, seperti yang dikutip dari sciencedaily.

Fisik
Rayuan fisik melibatkan ekspresi dari ketertarikan seksual pada orang yang potensial. Orang yang mahir dalam rayuan ini sering menjalin hubungan dengan cepat, mempunyai chemistry seksual dan mempunyai koneksi emosional yang tinggi dengan pasangan mereka.

Tradisional

Menurut rayuan tradisional, pria harus melakukan pendekatan pertama dan wanita tidak seharusnya mengejar pria. Rayuan ini bersifat pasif dalam kencan. Wanita yang menganut gaya ini dilaporkan memiliki masalah dalam menarik perhatian pria dan jarang merayu atau jarang tersanjung saat dirayu.

Sopan
Gaya rayuan yang sopan fokus pada tata krama yang berlaku tanpa komunikasi seksual. Meskipun gaya ini jarang menarik perhatian calon pasangan yang potensial, namun mereka yang melakukan rayuan ini hubungan dengan pasangan nantinya cenderung berarti.

Tulus
Gaya rayuan yang tulus bersumber dari rayuan yang menciptakan koneksi emosional dan komunikasi pada minat yang tulus. Meskipun wanita lebih mahir dalam melakukan rayuan ini, namun pria juga dianjurkan untuk melakukannya. Hal ini disebabkan hubungan yang melibatkan emosi yang kuat dan chemistry seksual biasanya akan sangat berarti.

Playful

Orang yang melakukan rayuan yang playful sering merayu dengan sedikit ketertarikan pada hubungan jangka panjang.

Orang yang melakukan rayuan yang playful tidak mencari hubungan jangka panjang. Namun, gaya rayuan mereka sangatlah menyenangkan dan meningkatkan harga diri. Hanya sedikit dari mereka yang mempunyai hubungan yang penting dan berarti.