Rata-rata setiap orang menghabiskan sekitar sepertiga hidupnya di kamar tidur. Tempat ini sekaligus bisa dijadikan tempat perlindungan dan peristirahatan yang nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu, banyak orang menginginkan kamar tidur selalu tertata apik dan bersih.

Agar merasa nyaman berada di kamar tidur, berikut beberapa tips berguna yang bisa membantu Anda mengubah suasana kamar tidur, seperti dikutip dari laman Shine:

1. Bersihkan kamar secara rutin

Bersihkan kamar dari debu dan singkirkan pakaian yang berserakan mulai dari kursi, tempat tidur dan lantai. Rapikan rak buku yang menyimpan koleksi buku kesayangan Anda di kamar.

2. Sekali seminggu, letakkan bunga segar di kamar Anda

Sebuah studi menemukan, bahwa pekerja kantor wanita akan merasa lebih rileks ketika bekerja di dekat vas bunga. Bayangkan betapa menyenangkannya jika hal ini Anda terapkan di kamar tidur. Letakkan hiasan bunga segar di salah satu sudut kamar Anda.

3. Semprot kamar dengan aroma minyak esensial

Dalam aromaterapi, sejumlah aroma diakui sangat berguna untuk mengurangi stres. Ada beberapa cara mudah untuk memperkenalkan aroma ini ke kamar tidur Anda.

Salah satunya adalah, membeli cincin bola lampu (sebuah perangkat yang Anda tetapkan ke sebuah bola lampu dingin), tambahkan beberapa tetes minyak esensial, dan nyalakan lampu untuk membiarkan minyak hangat dan aroma udara keluar.

Atau bisa juga dengan membeli rangkaian bunga rampai, kumpulan tumbuhan kering yang diberi minyak esensial. Atau campuran dalam botol spray 50ml air, ditambah satu atau dua tetes minyak favorit Anda, dan gunakan aroma tersebut sebagai penyegar udara. Pilih aroma yang bisa membuat Anda rileks mulai dari bergamot, chamomile, lavender, lemon, marjoram, neroli, orange, cendana, valerian dan ylang-ylang.

4. Pilih cat dinding kamar warna biru

Para ilmuwan mengatakan, warna biru bisa mempengaruhi sistem saraf otonom, bagian yang beroperasi tanpa kendali kesadaran Anda untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta memperlambat pernafasan. Terapi warna biru memiliki efek menenangkan, santai dan mampu menidurkan Anda dengan lelap. Coba tambahkan juga aksesori kamar dengan warna langit, mulai dari selimut, bantal dan karpet.

5. Cobalah beberapa tips feng shui

Feng shui bertujuan untuk mencapai keselarasan antara spiritual diri Anda di lingkungan fisik Anda. Menurut disiplin kuno ini, posisi yang tepat dari elemen sebuah ruangan menciptakan aliran energi yang diinginkan dan keseimbangan kekuatan.

Para praktisi menyarankan, agar posisi tempat tidur Anda tidak secara langsung mengarah ke depan pintu. Melainkan diagonal melintasi ruangan. Usahakan ranjang menghadap jendela agar energi positif mengalir saat Anda terbangun dari tidur.