Bagaimana perasaan Anda hari ini? Saat ini? Sudah Happy? Sudah nyaman dengan segala keputusan itu? Ok, berarti sekaranglah saatnya untuk melakukan sesuatu yang lebih besar, yakni Menyebarkan rasa senang kepada orang lain. Percayalah efek baliknya bakal dua kali lipat! Berikut ini Tips Mudah Menebarkan Rasa Senang:

1. Menegur “Si Siapa Itu”. Perhatikan deh sekitar Anda di lingkungan kantor. Tentunya Anda mengenal sejumlah wajah yang tidak pernah Anda ketahui namanya. Entah petugas cleaning service, satpam kantor dan sebagainya. Siapa pun mereka. Cobalah, hitung ada beberapa orang yang hanya akan Anda temui di kantin atau lift. Atas nama menebar rasa senang, senyumlah pada salah satu atau salah dua dari mereka. Terutama pada orang yang tampaknya sedang kusut dan butuh senyuman. Dua hari ini fokuskan pada dua atau tuga orang. Pada hari ketiga atau keempat, cbalah sapa. Cukup dengan bilang, “Halo…” atau “Siang!”. Bila dia menyambut, lanjutkan pada 2 hari berikutnya. Kemudian, minggu depan mulailah Anda membuka percakapan basa-basi. Lama-lama, Anda akan mengetahui namanya, hobinya bahkan kondisi keluarganya. Tanpa sadar, Anda sudah menambah teman baru dan Anda akan dikenal sebagai orang yang menyengkan.

2. Menawarkan Bantuan. Berapa kali dalam seminggu Anda menawarkan bantuan pada orang lain? Anda begitu ‘terbenam’ pada pekerjaan sehingga tak sempat lagi menoleh pada persoalan orang lain. Kali ini cobalah jadi jagoan, menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan rapi (hingga tak lagi dipanggil si bos untuk revisi), kemudian tolehlah rekan kerja. Perhatikan apa yang sedang dikerjakannya, lalu tawari dia bantuan. Anda bisa bilang, “Ada yang bisa aku bantu, enggak? Mumpung lagi nganggur nih?” Kalau tidak ada, Anda bisa menawarkna bantuan untuk jadi juru telepon pemesanan makanan layan antar pada jam makan siang misalnya. Kalau mau jeli, Anda pasti akan menemukan orang yang sungguh-sungguh butuh bantun Anda. Sunggu, ini adalah al yang menyenangkan. Terutama ketika melihat wajah penuh terima kasih.

3. Berhenti Sejenak. Pernahkan ada teman yang menggerutu pada Anda? Curhat mengenai persoalannya, ketika Anda sedang sangat sibut? Mungkin biasanya yang Anda lakukan adalah mendengarkan, memberi solusi, lalu selesai. Padahal seorang karyawan yang ‘meluangkan waktu’ untuk Anda adalah seorang kawan yang benar-benar mengenggap Anda adalah temannya. Sehingga, dia akan merasa senang ketika pasca curhat, sekian har kemudian, Anda khusus menelponnya hanya untuk bertanya, “Gimana soal yang kemarin itu?” Beres? Kamu baik-baik saja?” Anda hanya perlu berhenti sejenak dan memberi follow up.

4. Menraktir Tanpa Sebab. Cara ini biasanya cukup ampuh membuat orang lain senang. Ajak teman-teman terbaik di kantor, atau shabat-sahabat lama yang sudah jarang ketemu, pergi ke sebuah cafe menarik. Bisa kedai kopi asyik atau resto yang punya koleksi makanan enak. Traktir mereka tanpa sebab. Anda bisa bilang, “Dalam rangka hari Senin” misalnya. Tidak perlu sering-sering. Justru ke-tiba-tiba-an itu, yang membuat mereka senang dan merasa diperhatikan.

5. Memberi Hadiah. Kapan terakhir kali Anda memberi hadiah untuk ibu? Atau Adik/Kakak? Pada saat ulang tahun? Coba Anda memberi hadiah manis untuk mereka. Paling tidak untuk ibu-lah. Moment Hari Ibu bisa dimanfaatkan. Perhatikan apa yang belakangan ini paling diinginkan oleh ibu, lalu belilah as a gift. Lihat tatapan matanya ketika menerima hadiah Anda (jangan lupa tambahakan ciuman hangat di pipinya). Dijamin, setelah melihat tatapan mata itu, Anda ngin memberinya hadiah setiap hari.

6. Membuat Pesta. Buatlah party untuk sahabat-sahabat tercinta. Ajak mereka ikut memikirkan konsep pesta yang akan membuat Anda terus berceloteh sepanjang acara. Boleh juga membuat party yang akan terus berlanjut hinga pajamas party (mengingatkan Anda pada masa remaja, kan?). Pasti seru, menyenangkan dan makin mendekatkan hubungan. Dijamin, acara pesta Anda akan jadi bahan pembicaraan sepanjang tahun.