Sulit mengingat berbagai informasi dengan cepat? Praktikkan saja trik berikut yang bisa mengasah daya ingat Anda.
Anda termasuk kelompok yang harus berjuang keras untuk mengingat segala sesuatu? Dari mulai nama, wajah, lokasi, hingga aneka keping informasi lainnya? 10 kiat berikut pasti amat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Yang jelas, semakin sering Anda melatihnya, semakin terasah pula kemampuan Anda untuk mengingat.
Gunakan Pola
Cara terbaik untuk mengingat sejumlah angka adalah mengamati pola yang tersembunyi.
Contohnya, bukan hal gampang kan kalau Anda disuruh mengingat angka-angka 3810151722242931363843? Deretan angka tersebut kelihatannya disusun secara acak, padahal sesungguhnya berdasarkan pola tertentu, yaitu ditambah 5 kemudian ditambah 2 dan seterusnya.
Begitu mengetahui pola yang digunakan, Anda tinggal mengingat angka pertama dalam barisan tersebut. Menarik, kan?
Pengetahuan ini pun amat bermanfaat bila Anda terapkan untuk membuat password berdasarkan angka yang bisa diganti secara berkala.
Cara lain yang bisa diterapkan dengan menggunakan sistem ini adalah mengingat angka-angka dalam susunan not balok. Yang pasti, Anda bisa mengasah ketajaman spasial dengan berlatih mengingat angka daripada membiarkan memori otak Anda kosong sama sekali.
Teknik Asosiasi
Metode ini juga andalan untuk mengingat angka-angka. Dengan menerapkan teknik ini, Anda mengasosiasikan sejumlah angka dengan sebuah kata yang saling memiliki keterkaitan.
Contohnya, 74736052007365. Pisahkan angka-angka menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki keterkaitan dengan kata tertentu.
Misalnya, Jumbo Jet (747), XBox (360), Deck of Cards (52), James Bond (007), dan jumlah hari dalam setahun (365). Metode ini pun dapat digunakan berulang kali sebagai password yang menyenangkan sekaligus mudah diingat.
Metode Alfabetis
Kita semua pasti akrab dengan sistem abjad. Kalau Anda punya sejumlah kata yang harus diingat-ingat, tempatkan kata-kata tersebut secara alfabetis.
Jika kata-kata yang harus dihapal sedemikian panjang, misalnya nama-nama negara bagian Amerika, urutkanlah mulai dari nama 1 negara yang dimulai dengan huruf A.
Begitu Anda mampu mengingatnya, ulangi dari awal sambil menambahkan nama-nama negara lainnya, sampai semua negara tersusun secara alfabetis dan Anda mampu mengingatnya secara keseluruhan. Anda akan takjub betapa metode ini ternyata jauh lebih efektif daripada susah payah mencoba mengingat semuanya sekaligus.
Kategorisasi
Pada dasarnya, metode alphabet termasuk kategorisasi. Kalau ada begitu banyak daftar benda-benda yang harus diingat, cobalah untuk menemukan kesamaan-kesamaan yang ada di antara mereka kemudian mengelompokkannya.
Contohnya, saat harus membeli apel, sampo, keju, jambu, susu, gula, pisang, sabun, dan tepung.
Sekarang cobalah lakukan ka tegorisasi dari daftar be lanjaan tersebut menjadi:
Buah-buahan : apel, pisang, jambu.
Bahan kering : gula, tepung.
Produk susu : susu, keju.
Keperluan mandi : sampo, sabun.
Metode Memecah
Memecah sesuatu menjadi potongan-potongan kecil merupakan metode yang sangat penting untuk mengingat. Tanpa disadari ini sudah biasa kita lakukan sehari-hari.
Contoh konkretnya adalah nomor telepon. Begitu mendengar sederet angka, kita langsung berusaha memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, umumnya menjadi kode area yang memiliki 3 atau 4 digit. Apa yang kita lakukan bukan di luar batas kewajaran karena memang seperti itulah cara yang paling efektif untuk mengingat sebaris panjang angka yang ditulis secara acak.
Teknik Membayangkan
Kalau kita termasuk orang yang sulit mengingat nama seseorang, inilah cara paling efektif untuk mengingat nama-nama mereka.
Saat berkenalan dengan John Key, contohnya, bayangkan wajahnya dengan sebuah kunci besar yang berada tepat di tengah wajahnya. Begitu pula kala bertemu dengan seseorang yang dipanggil Patty Grant, Anda bisa mencoba membayangkan lemak daging yang dibungkus dalam gulungan uang. Contoh berikut, imajinasi Anda pasti akan langsung mengarah pada bedak bayi ketika berjumpa dengan seseorang bernama Bob Johnson.
Cara lain yang dilakukan untuk mengingat nama seseorang adalah menemukan asosiasi antara sosok yang tengah Anda maksud dengan seseorang lainnya yang Anda sudah ketahui namanya. Bayangkan mereka sedang berjabat tangan atau berdiri saling bersisian.
Visualisasi
Teknik yang disebut dengan loci ini merupakan salah satu teknik mengingat yang sudah sangat tua. Dalam metode ini Anda membayangkan sebuah lokasi (yang paling mudah adalah lokasi di rumah sendiri) lalu tempatkan objek-objek yang harus diingat di beberapa bagian ruang yang berbeda.
Contohnya, bila Anda harus mengingat daftar nama sayuran, perintahkan memori Anda untuk “meletakkan” masing-masing jenis sayuran di tempat yang berbeda-beda dalam sebuah ruangan. Ketika dituntut untuk mengingat kembali nama-nama sayuran tersebut, gerakkan pikiran melewati setiap lokasi dalam ruangan dan lihatlah apa yang Anda letakkan di sana. Kalau merasa ini merupakan cara yang sangat menolong kemampuan mengingat Anda, cobalah kembangkan dengan membuat tambahan lantai pada lokasi yang sudah mampu diingat.
Metode Bercerita
Metode ini bisa sangat mengasyikkan, lho! Buatlah sebuah cerita yang mencakup semua hal yang perlu Anda ingat. Jalan ceritanya bisa benar-benar menggelikan.
Katakanlah Anda harus mengingat-ingat untuk membeli ember, sekeranjang apel, sikat rambut, beberapa lembar alas untuk menampung kotoran kucing di kandangnya.
Dari sini Anda bisa mengarang cerita : “Setelah Jeni mengangkat alas kotoran dari kandang kucing dan memasukkannya ke dalam ember merah, ia menyisiri kucing peliharaannya dengan sisir rambut yang baru sementara ia sendiri asyik menikmati apel merah.” Isi ceritanya tak harus sungguhan kok. Yang pasti, cara ini sangat efektif untuk membantu Anda mengingat hal-hal yang ada dalam daftar.
Metode Mnemonik
Mnemonik adalah sebuah kata atau frasa tanpa makna yang bisa Anda gunakan untuk mengingat sesuatu karena kata atau frasa inilah yang menjadi semacam kunci untuk membuka informasi selanjutnya.
Contohnya, sewaktu masih kecil dulu saat ikut les musik, frase “every good boy deserves fruit” yang masing-masing kata mewakili masing-masing kunci dalam tangga nada, yakni EGBDF. Anda pun pasti ingat apa warna-warna pelangi hanya dengan menyebut frasa mejikuhibiniu.
Memberdayakan Indera
Kalau Anda harus mengingat sebuah kata, cobalah untuk mengingat-ingatnya dengan mengikutsertakan indera perasa. Contohnya, kalau Anda harus mengingat beli sabun, cobalah untuk membangun imajinasi tentang sabun dengan membayangkan aromanya seperti apa. Anda pun dapat memberdayakan indera lainnya dengan cara yang sama. Misalnya ketika harus mengingat membeli jam weker, ingat-ingatlah dering suaranya yang memecah kenikmatan tidur Anda di pagi hari.