Mata merupakan organ tubuh yang kecil namun menyiratkan banyak makna. Kesehatan jiwa dan pola hidup seseorang bisa terlihat dari pancaran matanya. Bagaimana mata Anda? Mata merupakan jendela hati. Saat kita berkenalan atau sedang berbicara dengan orang lain, biasanya kita saling menatap satu dengan lain. Bagaiman kondisi mata Anda saat ini, itu semua memiliki makna. Mari kita simak bersama apa yang sedang disuarakan mata Anda.
Bengkak?

Jika mata seorang terlihat bengkak, maka sedikitnya ada 2 faktor yang mempengaruhinya yaitu karena kurang tidur atau terlalu banyak minum alkohol. Untuk mengempeskan bengkaknya, maka biasanya orang mengompresnya dengan kantung teh bekas yang sebelumnya telah disimpan dalam lemari es terlebih dulu, atau dengan sendok, bisa pula dengan irisan timun, yang diletakkan di kelopak mata tertutup selama 10 menit. Selain itu, Anda juga harus minum banyak air putih untuk mengembalikan kesegaran mata.

Lelah?

Cara di atas tadi juga bisa menyegarkan mata lelah yang biasanya ditandai dengan timbulnya kantung mata, mata berair, dan alergi atau kemerahan.
Bagi Anda yang bekerja di kantor dan harus memelototi komputer selama seharian, maka Anda bisa menyegarkan mata dengan mencampurkan 4 sdm sari lemon dengan 4 sdm air es. Rendam sepon mata (atau kapas atau kain bersih lainnya) dalam cairan lalu peras dan letakkan pada kelopak mata tertutup hingga 10 menit.

Kurang latihan?

Melatih otot-otot mata juga sangat penting untuk menambah keindahannya. Cobalah menulis huruf-huruf alfabet dengan mata Anda tiap pagi sebelum Anda beranjak bangun dari tempat tidur.

Warning!

Satu hal lagi yang patut diingat adalah saat membersihkan daerah sekitar mata atau mencuci muka, jangan pernah menekan daerah bola mata secara berlebihan.
Jika mata Anda kecil atau keduanya berjarak cukup dekat, maka hindari eyeliner yang tebal karena akan makin memperparah penampilan mata Anda. Selain mata, maka keberadaan ‘aksesoris’ mata yang diciptakan Tuhan, seperti alis dan bulu mata, juga patut diperhatikan.

Alis

Sangat penting untuk membentuk alis, namun hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai alis terlalu tandus (banyak dicabuti) sehingga terdapat jarak yang cukup besar di antaranya. Keadaan ini akan membuat mata tampak lebih kecil dan hidung terlihat lebih lebar.
Alis yang tak beraturan bisa ‘diatur’ dengan menggunakan spray dan sikat gigi. Semprotkan spray ke bulu sikat lalu sisir alis dengannya, maka alis akan tertata lebih rapi sesuai keinginan. Mengurangi rasa sakit saat mencabut alis bisa dilakukan dengan mengusapkan terlebih dulu tea tree oil pada daerah yang akan dicabut.

Bulu Mata
Kita semua tahu pentingnya memiliki kulit kepala yang sehat namun kerapkali kita lupa memperhatikan kesehatan bulu mata. Cuaca yang kering bisa membuat bulu mata menjadi rapuh dan mudah rontok. Ambillah stik maskara bersih, lalu celupkan ke dalam almond oil dan aplikasikan ke bulu mata setiap malam. Ini bisa membuat bulu mata tetap sehat dan kuat.