Menjomblo di tengah segudang kegiatan memang sering bikin bosan. Kalau kamu seorang wanita jomblo, tinggal sendiri dan sering bepergian baik sendiri maupun dengan teman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keamanan. Karena kejahatan di luar sana sama sekali tak bisa diduga. Apalagi di tengah ibukota, semua mungkin saja terjadi. Nah, diantara banyak kejahatan di jalanan, wanita kerap jadi korban. Oleh karena itu, kamu harus ekstra berhati-hati. Berikut ini ada sedikit tips yang bisa kamu manfaatkan demi keamanan kamu.

Dengarkan suara hati

Apapun sinyal tubuh yang terjadi kamu harus berhati-hati. Cara alami itu memberitahu kamu ada sesuatu yang terjadi. Jika kamu bisa cepat siaga dengan sekitar, 9 dari 10 hal yang bisa terjadi dapat kamu hindari sebelum terjadi. Intinya jangan abaikan perasaan itu, cari tahu apa yang terjadi.

Hati-hati dengan pesta

Setiap tahunnya, ratusan kejadian buruk pada wanita berlaku ketika sang korban diserang dalam keadaan mabuk. Ini yang harus kamu perhatikan. Kehidupan malam boleh saja jadi konsumsi kamu, namun usahakan untuk sebisa mungkin mengontrol keadaan. Jika kamu pergi pesta sendiri dan masih harus menyetir, atur kadar minuman kamu. Jangan berlebihan. Hindari juga keseringan menerima minuman pemberian orang lain di tengah pesta, kamu harus ekstra waspada. Ajaklah seseorang menemanimu. Teman yang dapat kamu percaya dan siap menjagamu.

Hati-hati saat bepergian

Ketika naik taksi pastikan kamu menggunakan taksi dengan perusahaan armada yang jelas. Jangan sekali-kali berbagi taksi dengan orang yang tak dikenal dan turun di tempat gelap dan rawan. Pastikan kamar hotelmu juga terletak di dekat lift atau tangga. Ada baiknya juga lihat sekitar sebelum kamu masuk kamar hotel. Jika kamu melihat sesuatu yang tidak disuka, kembali ke meja tamu dan minta pertukaran kamar. Jika pelayan mau mengakses kamar kamu pastikan semua dalam keadaan baik. Jangan pernah takut untuk minta pertolongan.

Jaga privasi kamu

Jaga privasi kamu dengan sangat hati-hati. Perhatikan setiap password kartu kredit, ATM, e-mail atau ponsel kamu jangan sampai diketahui orang lain. Pastikan alamat dan nomor telepon rumah kamu juga aman. Jangan biarkan orang dengan mudahnya mengetahui di mana kamu tinggal dan mengakses kehidupanmu.

Nah, mudah-mudahan beberapa tips di atas bisa jadi masukan untuk kamu!